5 Destinasi Wisata di Solo Akhir Pekan yang Recomended

  • Whatsapp
5-Destinasi-Wisata-di-Solo-Akhir-Pekan-yang-Recomended
Foto dari Canva Pro

Pandemi memang membuat Anda harus bertahan di rumah lebih lama untuk mengantisipasi risiko penyebaran virus corona. Namun, pandemi Covid yang belum bisa diprediksi kapan bakal berakhir menjadi alasan Anda harus beradaptasi dengan kebiasaan new normal. Selama mematuhi aturan kesehatan yang berlaku, Anda bisa mencoba menghilangkan penat dengan aktivitas liburan tipis-tipis. Tak perlu pergi ke luar negeri pun, Anda bisa menghilangkan semua stress selama pandemi dengan berlibur ke tempat wisata di Solo.

Destinasi Wisata di Solo

Dikenal sebagai kota dengan biaya hidup terjangkau di Indonesia, Solo menawarkan destinasi wisata lokal yang cukup mempesona. Dengan biaya terbatas saja, Anda bisa liburan di Solo sendirian atau mengajak keluarga. Berikut ada 5 tempat wisata di Solo yang menyuguhkan suasana terbaik yaitu :

1. Taman Balekambang

Merupakan taman yang dibangun sejak masa Mangkunegoro VII pada tahun 1921 lalu. Taman yang didedikasikan sang raja untuk kedua anaknya ini telah menjadi tempat wisata keluarga favorit banyak orang. Selain tempat yang sejuk dan nyaman, taman ini memiliki beberapa hewan jinak yang bisa Anda lihat bersama si kecil. Menikmati liburan nyaman sekaligus edukasi hewan rusa, angsa, merak, dan lain-lain, kenapa tidak? Datang saja ke Jalan Balekambang 1, Manahan, Banjarsari, Solo.

2. The Heritage Palace

Media sosial disuguhi berbagai foto menarik yang diambil dari The Heritage Palace, Solo beberapa waktu lalu. Ya, Anda yang suka dengan wisata sejarah sekaligus mencari tempat untuk mengambil foto terbaik, wajib datang ke tempat yang baru dibuka tahun 2018 lalu.

Sebenarnya, The Heritage Palace merupakan bekas bangunan pabrik gula pada masa kolonialisme sekitar tahun 1892 lalu. Tak hanya bisa mengambil foto yang instagramable, Anda bisa bisa menikmati liburan dengan menjelajah museum, menikmati kuliner dan lain-lain.

3. Candi Ceto, Karanganyar

Lanjutkan perjalanan Anda menuju ke Candi Ceto di Karanganyar yang memiliki nuansa alam berpadu sejarah dan religi yang kental. Menikmati keindahan bangunan peninggalan kerajaan Hindu di Jawa beberapa abad lalu akan membuat Anda jatuh cinta. Dengan biaya 7 ribu rupiah saja, Anda bisa mengeksplor setiap bagian candi yang berlokasi di Cetho, Gumeng, Jenawi, Karanganyar ini.

4. Air Terjun Jumog, Karanganyar

Meski masuk Kabupaten Karanganyar, tetapi destinasi wisata Air Terjun Jumog bisa Anda singgahi selama berada di Solo. Air Terjun Jumog mendapat julukan sebagai surga yang hilang sebab berada di pepohonan hijau dan belukar, tetapi menawarkan suasana alam yang benar-benar perawan. Air terjun yang berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 30 meter akan mengalirkan gemericik air yang bisa menghilangkan semua lelah Anda dengan biaya masuk sangat murah 5 ribu rupiah saja.

5. Geopark Batu Seribu

Ada sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan hijau yang eksotis dengan sumber air yang disebut tidak pernah kering yaitu Geopark Batu Seribu. Jika datang ke Solo, Anda tidak boleh melewatkan datang ke tempat wisata yang memiliki pemandangan alam perbukitan cadas nan indah ini. Bisa pula membawa perlengkapan untuk berenang atau sekadar menikmati suasana segar di pemandian mata air di sini. Datang saja ke Jalan Raya Krisakkelir KM 7, Tiyaran, Sukoharjo.

Anda bisa merencanakan liburan ala solo backpacker atau mengajak keluarga liburan bersama. Pastikan mematuhi setiap protokol kesehatan yang berlaku selama perjalanan hingga sampai di tempat wisata di Solo. Jika ingin menikmati liburan di Solo lebih lama, Anda bisa menyiapkan traveling seru dengan memilih hotel terbaik di Solo dan sekitarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *