Beberapa Tips Menurunkan Demam Anak Anda di Rumah

  • Whatsapp
Beberapa-Tips-Menurunkan-Demam-Anak-Anda-di-Rumah
Foto dari Canva Photos Unlimited

Demam adalah salah satu kinerja tubuh untuk bertahan dan melawan infeksi yang sedang terjadi pada tubuh. Demam memang timbul karena berbagai masalah seperti sakit pada organ dalam, masuk angin, luka pada badan atau karena penyakit tertentu. Terutama pada anak, demam sering terjadi pada mereka karena memang sistem imun mereka belum stabil dan belum kuat untuk melawan penyakit. Agar demam bisa cepat turun, ada beberapa tips menurunkan demam anak yang bisa Anda coba di rumah.

1. Mandi Air Hangat

Mandikan anak Anda dengan air hangat, agar tubuh menjadi rileks, sehingga badan tidak lesu dan kembali segar serta demam cepat sembuh.

2. Minum Air Putih

Jika anak Anda sedang demam, terus pantau agar selalu minum air putih. Tujuan minum air putih ini agar anak Anda cepat turun panasnya. Sehingga dengan minum banyak air putih, anak Anda akan buang air kecil terus dan efeknya bisa membantu menurunkan panas. Selain itu, dengan minum air putih akan menghindari anak Anda dari dehidrasi.

3. Jangan Beri Selimut Tebal

Selimut tebal dapat menambah sensasi hangat pada badan ketika tidur. Untuk orang yang sedang demam, tidak dianjurkan untuk memberi selimut yang tebal, karena dapat meningkatkan panas tubuh si anak. Dianjurkan agar beri selimut yang tipis atau tidak diberi selimut saat anak yang demam sedang tidur, agar suhu tubuh cepat turun. Cara ini adalah tips menurunkan demam anak yang paling mudah dilakukan.

4. Beri Paracetamol

Paracetamol menjadi obat penurun panas yang diracik dengan bahan kimia. Dari zaman ke zaman obat ini diyakini aman dan efektif untuk dikonsumsi asal sesuai resep dokter.

5. Kompres Dengan Air Dingin

Saat anak Anda tidur, kompres dengan air dingin. Letakkan kompresan pada kening anak. Ulangi beberapa kali hingga suhu tubuh berangsur turun.

Nah, itu tadi beberapa tips menurunkan demam anak yang bisa Anda coba. Namun, jika tips di atas sudah dicoba semua dan tidak ada yang manjur, maka anak Anda bisa dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan yang intensif dari dokter.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *