Panduan Pengisian Efiling Pajak Badan Mudah dan Cepat

  • Whatsapp
Panduan-Pengisian-Efiling-Pajak-Badan-Mudah-dan-Cepat
Foto dari Canva

Direktorat Jenderal Pajak atau DJP saat ini telah menyediakan fasilitas pelaporan pajak yang mudah dijangkau oleh wajib pajak. Layanan tersebut dikenal dengan nama efiling dimana proses pembuatan laporan SPT bisa dilakukan secara online dari mana saja. Kali ini akan dibahas lebih lengkap seperti apa prosedur pengisian efiling pajak badan secara mudah dan cepat.

Pembuatan Efiling Pajak

Sistem efiling telah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia terutama para wajib pajak. Sistem ini memang diberlakukan oleh DJP untuk mempermudah pelaporan pajak dan meminimalkan kesalahan. Tentunya proses pelaporan dengan sistem efiling ini akan jauh lebih efektif dan hemat waktu. Berikut adalah panduan cara pengisian efiling untuk pajak badan:

1. Lakukan Aktivasi EFIN

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktivasi EFIN. EFIN ini merupakan Electronic Filing Identification Number yang merupakan syarat wajib dalam pelaporan pajak melalui efiling. Untuk mendapatkan EFIN, Anda bisa langsung membuka situs DJP online dan melakukan pendaftaran dan minta kode EFIN. Dalam waktu kurang dari 24 jam, biasanya kode EFIN akan langsung dikirimkan.

2. Siapkan SPT 1771

Selain membutuhkan kode EFIN, Anda juga akan membutuhkan SPT 1771. Formulir SPT ini memang menjadi syarat mutlak untuk melakukan pelaporan pajak efiling. Untuk efiling pajak badan, jenis formulir yang dibutuhkan adalah SPT 1771. Jenis formulir ini khusus digunakan untuk badan usaha mulai dari PT, CV, UD, maupun yayasan dan organisasi.

Dimana bisa mendapatkan formulir SPT 1771? Link untuk mendapatkan formulir ini tersebar banyak di internet. Anda juga bisa langsung bertanya kepada pihak DJP atau KPP mengenai ketersediaan formulir 1771 tersebut. Jika sudah dapat, silakan pelajari terlebih dahulu data apa saja yang termuat di dalam formulir.

3. Siapkan Dokumen Pendukung

Selanjutnya silakan persiapkan dokumen pendukung. Penting untuk diketahui bahwa dalam setiap pelaporan urusan pajak akan ada banyak jenis dokumen pendukung yang dibutuhkan. Dokumen tersebut biasanya akan disesuaikan dengan jenis badan yang akan melakukan pelaporan. Misalnya untuk BUT atau Bentuk Usaha Tetap, membutuhkan laporan keuangan konsolidasi/kombinasi.

Sementara itu untuk wajib pajak PP 46 membutuhkan penghitungan peredaran bruto dan pembayaran. Bagi wajib pajak dengan transaksi hub istimewa membutuhkan ikhtisar dokumen induk dan lokal. Lalu dibutuhkan juga dokumen daftar nominatif biaya entertainment dan promosi jika ada.

4. Langsung Login ke Akun e-Filing

Jika kode EFIN, formulir SPT 1771, serta semua syarat dokumen sudah lengkap maka langsung saja lakukan login. Anda bisa langsung masuk ke situs DJP kemudian masuk ke opsi login. Setelah berhasil login, segera pilih menu e-filing dan klik menu Buat SPT. Nantinya akan langsung muncul laman berisikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pelaporan SPT.

5. Lakukan Pengisian Formulir

Segera lakukan pengisian formulir dengan menjawab semua pertanyaan yang diberikan. Isikan data secara cermat dan ikuti panduan pengisian formulir yang tersedia. Langkah pengisian formulir sebenarnya sudah ada di website dan tinggal diikuti saja alurnya. Ada beberapa tahap yang memang harus dilakukan dan dipenuhi sehingga pastikan untuk teliti melewati tahap demi tahap.

Dalam proses pengisian formulir ini, Anda harus benar-benar teliti. Pastikan untuk memasukkan semua data secara lengkap dan benar. Periksalah ulang kelengkapan data dan pastikan semua data yang dimasukan sudah tepat. Pemeriksaan ulang sangat perlu dilakukan demi meminimalkan kesalahan.

6. Masukkan Kode Verifikasi

Selanjutnya setelah formulir selesai diisi, segera dapatkan kode verifikasi. Setelah melakukan submit, biasanya akan ada kode verifikasi yang dikirim melalui email. Masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia dan lakukan pengiriman SPT. Caranya mudah yakni dengan klik opsi Kirim SPT yang sudah tersedia. Berikutnya tinggal menunggu muncul notifikasi bahwa pelaporan SPT telah selesai.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai panduan pengisian efiling pajak badan. Bagi Anda yang baru pertama kali akan menggunakan efiling, Anda bisa bertanya langsung ke kantor KPP atau layanan konsumen DJP. Pastikan untuk mempelajari dengan cermat setiap langkah pelaporan SPT agar nantinya tidak terjadi kendala. Jangan lupa, pastikan juga koneksi internet lancar agar pelaporan SPT berjalan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *