Sambut Kehadiran Buah Hati Tercinta Dengan Melakukan 4 Persiapan ini

  • Whatsapp
Sambut-Kehadiran-Buah-Hati-Tercinta-Dengan-Melakukan-4-Persiapan-ini
Foto dari Canva Pro

Adakah Anda di sini yang sedang deg-deg menanti kelahiran buah hati? Jika iya, maka Anda tidak sendirian karena diluar sana juga para ibu hamil juga merasakan hal yang sama. Ya, hal ini wajar dirasakan oleh para ibu hamil yang telah mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir). Satu sisi bahagia akan segera bertemu dengan bayi mungil yang lucu, namun di sini lain Anda juga harus was-was dalam menanti hari persalinan. Agar rasa was-was bisa berkurang, tidak ada salahnya Anda alihkan fokus untuk mempersiapkan keperluan bayi Anda nanti. Seperti halnya menyiapkan tas perlengkapan bayi.

Perlu diketahui bahwa persiapan menjelang hari persalinan tidak terbatas pada persiapan mental dan fisik saja. Anda juga harus menyiapkan semua kebutuhan si kecil. Meski terkesan sepele dan mudah dilakukan, namun pada praktiknya keperluan bayi tidak bisa Anda persiapkan secara mendadak.

Persiapan Jelang Hari Persalinan

Lantas apa saja persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum buah hati lahir ke dunia? Berikut ulasannya.

1. Diskusi bersama pasangan

Mungkin dalam keseharian Anda sudah sering membicarakan banyak hal dengan pasangan. Akan tetapi tidak ada salahnya jika dalam satu waktu Anda meminta waktu khusus pada pasangan untuk meluangkan waktu berdiskusi. Pada kesempatan tersebut, Anda dan pasangan bisa fokus mendiskusikan perihal rencana kelahiran calon bayi.

Yang perlu didiskusikan meliputi rencana ingin melahirkan di rumah sakit mana, ingin melahirkan dengan bantuan dokter siapa, hingga tindakan-tindakan medis yang mungkin dibutuhkan.

2. Mencatat perlengkapan yang harus dibeli

Seperti yang telah disinggung di atas, keperluan bayi tidak bisa Anda siapkan secara mendadak. Bisa sih bisa, tapi risiko ada yang terlupa lebih besar. Oleh karena itu ada baiknya Anda mencatat apa saja perlengkapan yang dibutuhkan dan harus segera dibeli.

Mungkin akan sangat banyak item yang harus dibeli, jadi agar tidak memberatkan, Anda bisa secara bertahap membeli perlengkapan bayi. Misalnya saja untuk hari ini Anda akan membeli tas perlengkapan bayi, pakaian bayi, selimut bayi, popok bayi dan lainnya. Sementara untuk item lainnya bisa Anda jadwalkan untuk dibeli di lain hari.

Pada dasarnya tujuan mencatat perlengkapan ini adalah supaya tidak ada item yang lupa Anda beli. Apalagi jika ini merupakan anak pertama bagi Anda, dimana menjadi orangtua baru tentu saja membuat Anda belum memiliki pengalaman membeli printilan yang dibutuhkan bayi.

3. Memastikan tubuh fit

Proses persalinan akan lebih lancar dan mudah apabila tubuh Anda sehat dan bugar. Banyak yang bilang proses persalinan ini membutuhkan tenaga ekstra. Jadi, selain mempersiapkan hal-hal yang terlihat oleh mata, Anda juga harus menjaga kesehatan. Tetap perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, serta selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh. Untuk olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah jalan-jalan pagi. Oh iya, istirahat yang cukup juga ya!

4. Persiapan mental

Selain mempersiapkan perlengkapan bayi dan menjaga tubuh agar tetap fit, persiapan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mempersiapkan mental. Yup, banyak yang bilang proses persalinan adalah perjuangan antara hidup dan mati. Walaupun begitu bukan lantas Anda harus diliputi rasa khawatir akan bayang-bayang persalinan.

Katakanlah pada diri Anda sendiri bahwa Anda mampu dan kuat menjalani proses persalinan. Bayangkan betapa lucunya bayi mungil yang selama ini Anda tunggu-tunggu kehadirannya. Ini akan membuat Anda bersemangat selama proses persalinan.

Demikianlah beberapa persiapan yang sebaiknya dipersiapkan menjelang persalinan. Pada hari persalinan nanti, Anda akan bertemu buah hati tercinta, jadi pastikan Anda memberikan sambutan terbaik dengan melakukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan. Termasuk menyiapkan semua kebutuhan si kecil ke dalam tas perlengkapan bayi agar sewaktu-waktu terjadi kontraksi Anda bisa langsung pergi ke RS tanpa drama berlebih karena semua sudah dipersiapkan dengan baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *