Tips Mengobati Cacar Air dengan Cepat dan Tepat

  • Whatsapp
Tips-Mengobati-Cacar-Air-dengan-Cepat-dan-Tepat
Foto dari Canva Photos Unlimited

Penderita dari penyakit ini biasanya lebih didominasi oleh anak-anak. Namun tak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa menderita penyakit ini. Sehingga Anda harus mengetahui gejala serta tips mengobati cacar air dengan cepat dan tepat. Gejala awal yang timbul biasanya berupa ruam merah yang berisi cairan dan menyebabkan rasa gatal pada kulit. Selain itu penderita cacar air juga akan mengalami demam dan rasa nyeri pada bagian yang terkena cacar air. Beberapa tips ini bisa Anda coba untuk menyembuhkan cacar air:

1. Oleskan salep sesuai resep dokter

Hal yang pertama dalam mengobati cacar air adalah periksakan pada dokter yang lebih mengetahui dan paham di bidangnya. Setelah itu Anda akan diberikan obat berupa salep yang harus dioleskan secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mencegah alergi dan salah penggunaan obat jika tanpa konsultasi dokter terlebih dahulu.

2. Berikan bedak gatal

Tips mengobati cacar air yang kedua ini bertujuan untuk mencegah menggaruk pada bagian yang terdapat ruam merah. Selain akan menimbulkan bekas dan infeksi yang berlanjut, hal ini dilakukan juga bertujuan menghindari bagian yang terkena cacar air tambah menyebar.

3. Istirahat total

Penyakit cacar air ini juga membutuhkan istirahat yang cukup. Hal ini dikarenakan cacar air memang termasuk penyakit yang gampang menular melalui udara. Udara yang tercemar polusi di luar rumah akan membuat cacar air semakin lama untuk sembuh.

4. Usahakan jangan menggaruk

Sangat tidak disarankan untuk menggaruk bagian yang terkena cacar air. Hal itu dikarenakan ruam merah yang terdapat kulit juga memiliki cairan di dalamnya. Cairan itulah yang menyebabkan bagian kulit lainnya yang terkena akan timbul ruam merah serupa.

Itulah beberapa tips mengobati cacar air dengan cepat dan tepat yang bisa Anda coba di rumah. Sehingga Anda bisa mengatasinya dengan benar dan tepat serta dapat mencegah hal yang tidak diinginkan. Penyakit ini pun juga akan segera sembuh dan bisa melanjutkan aktivitas keseharian yang sempat tertunda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *